Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
Alokasi Waktu : 10 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
1.1 Mengidentifikasi
kebutuhan manusia
1.2 Mendeskripsikan
berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
1.3 Mengidentifikasi
masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang
diproduksi
1.4 Mengidentifikasi
hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang
lain.
1.5 Mengidentifikasi sistem
ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
|
· Pengertian kebutuhan
· Macam-macam kebutuhan
· Hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan
· Pengertian benda pemuas kebutuhan
· Macam-macam benda pemuas kebutuhan
· Kegunaan benda pemuas kebutuhan
·
Pengertian kelangkaan
·
Penyebab kelangkaan
·
Penentuan alokasi sumber daya ekonomi
·
Sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan
· Barang apa yang akan diproduksi dan berapa
jumlahnya.
· Bagaimana cara memproduksi barang.
·
Untuk siapa barang tersebut diproduksi.
· Pengertian biaya sehari-hari dan biaya
peluang
·
Kurva kemungkinan produksi
· Pengertian sistem ekonomi
· Sistem ekonomi tradisional
· Sistem ekonomi pasar
· Sistem ekonomi komando
·
Sistem ekonomi campuran
|
· Mencari informasi tentang pengertian
kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
· Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan
manusia di daerah setempat.
· Mendiskusikan kebutuhan manusia di daerah
setempat yang paling dominan.
· Mengklasifikasi jenis kebutuhan berdasarkan
tingkatannya.
·
Menggali informasi tentang kelangkaan.
·
Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di
daerah setempat dan sekitarnya.
·
Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi
yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka
di daerah setempat dan sekitarnya.
·
Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai
pilihan kebutuhan.
· Mengidentifikasi barang-barang apa,
bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa memproduksi melalui diskusi
kelompok dan studi kepustakaan.
· Mengkaji referensi tentang permasalahan
ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
· Bertanya jawab tentang perbedaan biaya
sehari-hari dan biaya peluang.
· Mendiskusikan contoh-contoh biaya peluang.
· Menggambar kurva kemungkinan produksi.
· Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi.
· Mengidentifikasi sistem ekonomi yang ada dan
cara memecahkan masalah ekonomi melalui diskusi kelompok dan studi
kepustakaan.
|
· Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
· Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
· Mengidentifikasi hal-hal yang memengaruhi
kebutuhan.
· Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
· Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas
kebutuhan.
·
Mendeskripsikan
kegunaan benda pemuas kebutuhan.
·
Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab kelangkaan.
·
Mengidentifikasi
pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
·
Bersikap
rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.
· Mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
· Mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi
barang.
· Mendeskripsikan untuk siapa barang
diproduksi.
· Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya
peluang
· Menggambar kurva kemungkinan produksi
· Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
· Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi tradisional.
· Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi pasar.
· Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi komando.
· Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi campuran.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui
Uji Penguasaan Materi, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif,
uraian bebas, skala sikap
|
3 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Buku Ekonomi
dan sumber lain yang relevan
|
Mengetahui,
Kepala ,
|
|
, Juli 2011
Guru mapel Ekonomi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar