RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X
(sepuluh) / 1
Standar Kompetensi: 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan
sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi
kebutuhan manusia.
Indikator Pencapaian
Kompetensi : 1. Mendeskripsikan pengertian
kebutuhan.
2. Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
3.Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
4. Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
5.Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
6. Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
b) Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
c) Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
d)
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian benda
pemuas kebutuhan.
e) Siswa dapat mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
f) Siswa dapat mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang
lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Kebutuhan
manusia
C. Uraian Materi
a)
Pengertian kebutuhan
b)
Macam-macam kebutuhan
c)
Hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan
d)
Pengertian benda pemuas kebutuhan
e)
Macam-macam benda pemuas kebutuhan
f)
Kegunaan benda pemuas kebutuhan
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
\
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan,
dan sistem ekonomi.
|
·
Mencari informasi
tentang pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
|
·
Siswa dapat Mengidentifikasi
kebutuhan manusia.
|
F. Skenario
Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengingatkan dan
mengembangkan pengetahuan siswa tentang kebutuhan siswa sendiri dan pengertian
kebutuhan pada umumnya. Kemudian guru mempersilakan siswa memasuki ruang audio
visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan atau
melakukan kunjungan ke pasar di daerah sekitar. Selama kegiatan tersebut, guru
menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b.
Motivasi
Pemenuhan kebutuhan
adalah salah satu kegiatan ekonomi yang sangat mendasar. Pada pemenuhan
kebutuhan, terlihat sikap seseorang dalam perencanaan perjalanan hidupnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa
dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri
dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b.
Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi hal-hal yang
mempengaruhi kebutuhan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mengidentifikasi pengertian benda
pemuas kebutuhan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk mendeskripsikan macam-macam benda
pemuas kebutuhan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan kegunaan benda pemuas
kebutuhan.(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan
kelompok yang lain menanggapi.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.
Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b.
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
a. Guru
dan siswa melakukan refleksi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b.
Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa
mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP, spidol
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
, Juli 2011
Guru mapel Ekonomi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar